REVIU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN 1 LK AR 2

REVIU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN 1  LK AR 2

Berikut ini adalah reviu praktik pengalaman lapangan 1 LK AR 2 yang kami buat dan kami mohon kepada rekan rekan untuk menjadikan ini sebagai referensi bukan jawaban akhir atau sekedar copy paste saja. Karena jawaban kami bukanlah jawaban yang sempurna dan rekan rekan bisa menyempurnakannya.

reviu praktik pengalaman lapangan 1 LK AR 2

1. Perencanaan Tindakan terhadap masalah pembelajaran

Keterlaksanaan dengan faktor pendukung 

Adapun masalah yang kami hadapi dalam PTK di siklus pertama adalah hasil belajar yang belum memenuhi target. Target yang kami canangkan adalah 60% memenuhi KKM yaitu 70. Namun pada siklus pertama hanya mencapai 43% yang memenuhi KKM. Selain itu keterlibatan peserta didik hanya 26% dari target yang kami tetapkan yaitu 50%.

Kemudian pada siklus kedua kami bagikan permasalahan dalam bentuk LKPD untuk didiskusikan kepada peserta didik. Setelah kami melakukan evaluasi pembelajaran untuk hasil belajar  tercapai 67% namun untuk keterlibatan peserta didik meningkat sedikit mencapai 50%.

Baca Juga :   Langkah langkah Penyusunan Bahan Ajar Pertemuan 1

Adapun rencana di siklus ketiga adalah mengoptimalkan kembali LKPD dengan memberikan variasi  permasalahan untuk didiskusikan. Selain itu juga mengubah kelompok diskusi yang sudah terbentuk di siklus pertama dan kedua.

Tidak Terlaksana beserta Faktor Penghambat

Pada siklus pertama LKPD yang harusnya didiskusikan tidak terbagikan kepada peserta didik. Di sisi lain terdapat 3 dari 21 peserta didik tidak mengerjakan evaluasi tepat waktu

2. Pengumpulan data berdasarkan tindakan

Keterlaksanaan dengan faktor pendukung 

Adapun data hasil belajar yang kami dapatkan berupa nilai yang kami unduh dari aplikasi ujian online berbasis web yang dimiliki oleh sekolah. Hanya saja terbatas pada soal berbentuk pilihan ganda. Sedangakn untun uraian kami mengunakan google form untuk dikoreksi manual

Untuk keterlibatan peserta didik dalam pembelajaran kami himpun dalam catatan lapangan berdasarkan jumlah peserta didik yang aktif selama pembelajaran.

Tidak Terlaksana beserta Faktor Penghambat

Kendala yang dialami adalah peserta didik masih belum begitu aktif dalam proses pebelajaran terutama ketika diskusi. Bahkan dua dari empat kelompok yang kami buat dalam whatsapp grup tidak berdiskusi dan memilih untuk mengerjakan LKPD secara individu

Baca Juga :   Refleksi Pembelajaran Pemanfaatan Media Pembelajaran

reviu praktik pengalaman lapangan 1 LK AR 2

Demikian reviu praktik pengalaman lapangan 1 LK AR 2 yang kami buat dan kami mohon kepada rekan rekan untuk menjadikan ini sebagai referensi bukan jawaban akhir atau sekedar copy paste saja. Karena jawaban kami bukanlah jawaban yang sempurna dan rekan rekan bisa menyempurnakannya.

 

Total View 1,427 total views, Views Today 1 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *