Mei 10, 2021

pakapri.net

menjadi pribadi bermanfaat

5 PTN yang Menerima Siswa dari Jalur Hafidz Al Qur’an

Daftar PTN yang Menerima Siswa dari Jalur Hafidz Al Qur'an

PTN yang Menerima Siswa dari Jalur Hafidz Al Qur’an

Daftar PTN yang Menerima Siswa dari Jalur Hafidz Al Qur’an – Di tengah persaingan ketat masuk perguruan tinggi dari jalur akademik sejak SNMPTN, UTBK, dan Mandiri ada satu jalur khusus yang bisa dipergunakan oleh para penghafal Al Qur’an. Sepertinya banyak Universitas yang mulai memberikan apresiasi kepada mereka-mereka yang bersedia meluangkan waktu tenaga dan pikirannya untuk fokus menghafalkan kitab suci.

Kampus mana saja yang menerima siswa dari jalur hafidz Al Qur’an ?

Akan menjadi sebuah pertanyaan yang dapat dipastikan semua hafidz al qur’an bertanya-tanya. Apakah hanya kampus kampus islam saja ataukah ada kampus favorit yang membuka peluang untuk diterima dari jalur hafidz Al Qur’an. Berikut ini kami rangkum Daftar PTN yang Menerima Siswa dari Jalur Hafidz Al Qur’an.

1. Universitas Negeri Semarang (pendafataran 10 – 26 April 2021)

Daftar PTN yang Menerima Siswa dari Jalur Hafidz Al Qur'an

PTN yang Menerima Siswa dari Jalur Hafidz Al Qur’an yang pertama yaitu Universitas Negeri Semarang. UNNES adalah salah satu kampus negeri yang membuka peluang kepada siswa yang memiliki hafalan Al Qur’an. Siswa kelas XII bisa mendaftarkan diri melalui seleksi mandiri UNNES dari jalur prestasi. Berapakah syarat minimal hafalan Al Qur’an untuk diterima  di UNNES ? Berikut ini kami sampaikan lengkap persyaratan khusus bagi calon mahasiswa UNNES dari jalur prestasi

Memiliki salah satu prestasi atau memiliki sertifikat/surat keterangan :

Juara I, II dan III (memperoleh piala atau medali emas, perak dan perunggu) minimal tingkat Nasional dalam bidang olahraga, seni, Olimpiade/lomba bidang studi, dan lomba bidang keagamaan yang diperoleh selama duduk di SMA/MA/SMK/MAK.

Baca Juga :   Pembobotan Mata Pelajaran pada SNMPTN

Juara I (memperoleh piala atau medali emas) minimal tingkat provinsi dalam bidang olahraga, seni, teknologi, Olimpiade/lomba bidang studi, dan lomba bidang keagamaan yang diperoleh selama duduk di SMA/MA/SMK/MAK.

Mempunyai keahlian/kemampuan luar biasa yang dibuktikan dengan sertifikat atau surat keterangan dari lembaga, yaitu hafal Alquran minimal 20 juz, penemu teknologi tepat guna yang dibuktikan dengan paten, hak cipta atau HKI lainnya (maksimal 3 orang), pembuat konten kreatif di Instagram minimal 30k follower atau youtube minimal 30k subscriber dengan konten akademik dan prestasi, motivasi, inovasi.

Juara/prestasi olahraga yang diakui adalah juara untuk cabang olahraga yang diselenggarakan oleh KONI, Kemdikbud dan merupakan kejuaraan resmi yang diketahui oleh induk organisasi olahraga.

Juara/prestasi seni, teknologi yang diakui adalah juara untuk perorangan meliputi bidang musik, vokal, tari, penulisan/baca puisi, nembang macapat, seni lukis, seni kriya, komik, poster, batik, programmer, robotik, animator, desain, fotografi; juara untuk kelompok meliputi teater (maksimal 6 orang), karawitan/musik tradisi (maksimal 10 orang), tari (pasangan) yang diselenggarakan oleh Kemdikbud, atau Kementerian lainnya yang relevan.

Juara Olimpiade/lomba bidang studi yang diakui adalah juara yang bersifat perorangan yang diselenggarakan oleh Kemdikbud, Kemenag atau kementerian lainnya.

Juara lomba keagamaan yang diakui adalah juara MTQ atau lainnya yang bersifat perorangan yang diselenggarakan oleh Kemenag atau Kemdikbud.

Bukti sertifikat, piagam kejuaraan atau surat keterangan sesuai bidang prestasi/kemampuan luar biasa pada huruf a sampai g harus disahkan oleh Kepala Dinas setempat atau pejabat/pengampu yang berwenang.

Lulus Ujian Tulis Tes Bahasa Inggris dan Tes Potensi Akademik (TPA)

2. Universitas Sebelas Maret / UNS ( Pendaftaran 25 Maret – 15 Mei 2021)

Daftar PTN yang Menerima Siswa dari Jalur Hafidz Al Qur'an

PTN yang Menerima Siswa dari Jalur Hafidz Al Qur’an selanjutnya yaitu Universitas Sebelas Maret / UNS. UNS adalah salah satu universitas favorit di Provinsi Jawa Tengah. UNS juga tidak mau kalah dalam perebutan calon mahasiswa solih solihah dari segi hafidz Al Qur’an. Untuk pendaftarab dimulai dari tanggal 25 maret sampai dengan 15 mei 2021 di sini.

Baca Juga :   Informasi Sekolah Kedinasan Lengkap

Berikut kami sampaikan persyaratan yang harus dipenuhi untuk mengikuti seleksi mandiri UNS jalur prestasi

Rapor mulai semester 1 (satu) sampai dengan 5 (lima), atau semester 1 (satu) sampai semester 7 (tujuh) bagi SMK 4 (empat) tahun, atau siswa akselerasi semester 1 sampai semester 4 (empat).

Sertifikat prestasi kejuaraan bidang penalaran, minat/bakat, keagamaan, dan lainnya pada tingkat internasional dan nasional sebagai juara 1, 2, atau 3 yang diperoleh selama masa studi di SMA/SMK/MA atau

Sertifikat Hafidzul Al-Qur’an (30 Juz)  atau hafalan Al-Kitab yang diperoleh selama masa studi di SMA/SMK/MA disertai surat keterangan (template di sini). Sertifikat dan surat keterangan dijadikan dalam satu file pdf

3. Universitas Negeri Yogyakarta / UNY ( Pendaftaran 10 Februari – 25 Juni 2021)

Daftar PTN yang Menerima Siswa dari Jalur Hafidz Al Qur'an

UNY adalah universitas negeri yang menemani UGM dalam persaingan mendapatkan mahasiswa yang high quality. Hanya saja tidak seperti UGM, UNY membuka peluang kepada siswa kelas XII untuk menjadi mahasiswa UNY dari jalur hafidz Al Qur’an yang terintegrasi dengan jalur prestasi non akademik. klik disini

Berikut ini kami sampaikan persyaratan yang harus dipenuhi oleh siswa kelas XII jika berminat dan berniat untuk bergabung dengan Universitas di Kota Pelajar ini. 

Seleksi calon mahasiswa baru S1 yang berprestasi unggul dalam bidang akademik dan nonakademik (a.l. bidang seni, olahraga, LKS, Olimpiade, Hafidz Al-Qur’an dan penghafal kitab suci lain).

Peserta adalah lulusan SMA/MA/SMK Tahun 2019, 2020, atau 2021.

Bukti prestasi unggul dalam bidang akademik dan nonakademik (misal: piagam penghargaan, sertifikat) minimal tingkat kabupaten/kota yang diperoleh saat SMA/MA/SMK wajib diunggah melalui laman http://pmb.uny.ac.id.

Memilih 1 (satu) prodi S1 yang diminati.

Peserta yg memilih prodi olahraga atau seni harus mengunggah portofolio keterampilan sesuai pilihan prodi.

Biaya pendaftaran sebesar Rp200.000,00 dibayar melalui Bank Mandiri, Bank BTN, atau Bank BPD DIY.

Prosedur pendaftaran dan pembayaran dapat dilihat di laman http://pmb.uny.ac.id.

4. Universitas Negeri Jakarta / UNJ ( Pendaftaran 29 maret – 28 Mei 2021 )

Baca Juga :   SOAL SBMPTN 8 TAHUN TERAKHIR

Daftar PTN yang Menerima Siswa dari Jalur Hafidz Al Qur'an

Universitas Negeri Jakarta juga memberikan apresiasi khusus kepada para penghafal Al Qur’an. Jadi untuk siswa kelas XII yang mempunyai hafalan Al Qur’an kalian mempunyai kesempatan yang lebar untuk menjadi mahasiswa universitas negeri Ibu Kota. Informasi lengkap bisa diakses di link official PMB UNJ.

Meskipun tidak ada hitam diatas putih atau secara gamblang bahwa UNJ mengumumkan adanya jalur tahfidz namun tidak ada salahnya kalian mencoba karena prestasi hafidz Al Qur’an merupakan prestasi internasional. Dari website resmi UNJ hanya tertulis sebagai berikut

  • Siapkan scan Piagam Penghargaan dan/atau Sertifikat untuk lampiran Portofolio dengan ukuran masing-masing file maksimal 200KB.
  • Prestasi yang diterima adalah prestasi Nasional dan Internasional.

 

5. Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Jogjakarta ( Pendaftaran 10 April – 31 Mei 2021 )

UPN Veteran jogja dulunya adalah swasta namun setelah melewati perjuangan yang panjang akhirnya statusnya menjadi Universitas Negeri. Untuk informasi lengkap mengenai jalur prestasi silahkan cek di website official UPN Veteran Jogjakarta

Hanya saja UPN Veteran memiliki standar yang tidak main-main. Jumlah hafalan minimal yang harus kalian miliki adalah 20 Juz. Bukan jumlah yang sedikit bagi saya pribadi. Hehehe

Demikian 5 PTN yang menerima siswa dari jalur hafidz Al Qur’an yang kami rangkum. Semoga bermanfaat buat kalian siswa siswa solih solihah hafidz hafidzah dan semoga diterima di PTN yang kalian cita-citakan. Amin…

Total View 31,611 total views, Views Today 9 views today