4 Masalah yang sering terjadi pada pembuatan akun LTMPT

Masalah yang sering terjadi pada pembuatan akun LTMPT

Tahukan kalian bahwa ketika membuat akun LTMPT tidak semulus tangan sang mantan. Terkadang ada batu sandungan yang membuat kita pusing tuju kelilling dan tidak tahu harus bertanya kepada siapa. Kali ini pakapri.net akan membagikan berbagai Masalah yang sering terjadi pada pembuatan akun LTMPT

Masalah yang sering terjadi pada pembuatan akun LTMPT

Baca juga :

Cobalah Try out UTBK Gratis + kunci jawaban

1. ISIAN REGISTRASI TIDAK SESUAI 

Masalah yang sering terjadi pada pembuatan akun LTMPT 1

APabila muncul keterangan bahwa Isian Registrasi Tidak sesuai dengan data yang tercatat di basis data kemdikbud/kemenag, artinya ketika kita mengisi data diri ada yang tidak sesuai dengan apa yang diinput oleh operator sekolah.

Baca Juga :   INFO SNMPTN SBMPTN UTBK TAHUN 2020

Biasanya operator sekolah menginput data berdasarkan Akta Kelahiran atau Kartu Keluarga yang dikumpulkan ketika penerimaan peserta didik baru (PPDB). Terkadang ada juga siswa yang mempunyai NISN ganda/dobel. Ini akan menjadi masalah tersendiri di kemudian hari

Solusinya 

Kalian bisa menanyakan kepada operator sekolah (biasanya bagian tata usaha atau waka kurikulum). Tanyakan hal hal yang terkait seperti NISN, tanggal lahir, dan lain sebagainya yang sesuai dengan data di dapodik. Kemudian isikan data tersebut untuk mendatar akun LTMPT.

2. TERJADI MASALAH DENGAN API EMIS KEMENAG 

Masalah yang sering terjadi pada pembuatan akun LTMPT 2

Hal ini disebabkan oleh data emis yang belun disinkronkan dengan data dapodik. EMIS adalah Informasi Data Pokok Pendidikan Islam, terdiri atas Data Madrasah, Data PTKI, Data Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren dan Data PAI. Sementara Dapodik adalah sebuah aplikasi komputer yang dibuat oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia agar sekolah-sekolah dapat melaporkan dapodiknya langsung ke kementerian secara online melalui jaringan internet tanpa perlu terkendala masalah jarak maupun waktu.

Solusinya 

Baca Juga :   SELEKSI MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI TAHUN 2020

Segera lapor kepada waka  kurikulum atau operator sekolah untuk segera sinkron karena menyangkut data seluruh murid kelas XII.

3. TERJADI MASALAH DENGAN API DAPODIK KEMDIKBUD

Masalah yang sering terjadi pada pembuatan akun LTMPT 3

Penyebabnya adalah banyaknya siswa yang mengakses situs Portal LTMPT. Hal itu membuat crowded sehingga tidak semua siswa dapat mengakses situs portal LTMPT. Ibarat gang sempit dilalui oleh banyak orang. Macet kan pastinya

Solusinya 

Silahkan tidur yang nyenyak. Lalu bangun tengah malam. Biasanya yang mengakses portal PTMPT tidak secrowded di siang hari. Berdasarkan pengalaman kami, biasanya hal ini terjadi di awal awal tanggal pembukaan / launching akun LTMPT dan di akhir/ penutupan tanggal. So atur strategi, timingnya cari yang pas.

4. EMAIL AKTIVASI TAK KUNJUNG MASUK PADAHAL SUDAH DAFTAR

Kalian sudah daftar tetapi belum ada balesan di email tentang verifikasi?

Solusinya 

1.  Cek di folder spam
belum mendapat email verifikasi akun LTMPT

 

 

 

 

 

 

 

 

2.  Gunakan browser mozila kemudian mendaftar kembali dari awal. Namun untuk nama emailnya gunakan huruf kapital di awal misalnya pakapri@gmail.com diubah menjadi Pakapri@gmail.com. Namun jika masih belum bisa, silahkan kalian membuat email baru lagi. Kemudian mendaftar menggunakan email bar tersebut. Jika masih juga gagal silahkan coba kembali di tengah malam.
Yang punya masalah saat aktivasi, yakni tidak kunjung dapat email, bisa dicoba cara-cara di atas.
Cara di atas sudah banyak berhasil digunakan. Kalau kamu belum berhasil, jalan keluarnya dicoba terus menerus ya gaess

Baca Juga :   Kuliah di Sekolah Kedinasan dibawah KEMENKUMHAM Lulus Auto jadi PNS

Demikian tadi Masalah yang sering terjadi pada pembuatan akun LTMPT semoga bermanfaat dan diterima di PTN yang dicitacitakan Amin

 

Source : @infomasukptn

Total View 1,267 total views, Views Today 3 views today

3 thoughts on “4 Masalah yang sering terjadi pada pembuatan akun LTMPT

  • Pingback: Cara Membuat Akun LTMPT untuk Sekolah dan Siswa -

  • Januari 7, 2021 pada 8:38 am
    Permalink

    Hello kak, terjadi kesalahan dalam lampiran foto pada poin 1 dan poin 3. Saya tadi sempat panik melihat bahwa jika terjadi masalah dengan API Dapodik Kemdikbud maka artinya ketika kita mengisi data diri ada yang tidak sesuai dengan apa yang diinput oleh operator sekolah. Setelah saya cek sumber informasi, ternyata terjadi kesalahan di lampiran foto pada poin 1 dan poin 3 di website ini. Namun, terima kasih untuk informasinya kak. Sukses selalu. Stay healthy.

    Balas
    • Januari 7, 2021 pada 11:00 am
      Permalink

      Terima kasih Kak informasi nya

      Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *