Belalai Air : Fenomena Alam Langka di Waduk Gajah Mungkur Wonogiri

Belalai Air : Fenomena Alam Langka di Waduk Gajah Mungkur Wonogiri

 

Rabu, 20 Januari 2021 terlihat fenomena alam langka yang terjadi di waduk gajah mungkur wonogiri. Nampak terlihat sepeti tornado yang sedang melintas di atas air waduk gajah mungkur wonogiri.

Lalu fenomena apakah itu ?

Sengkayan atau Belalai Air dalam bahasa inggris disebut waterspout) adalah sebuah vorteks kolumnar intens (biasanya muncul sebagai awan berbentuk corong) yang terjadi di atas sebuah badan air. Mereka terhubung dengan awam kumuliform atau awan kumulonimbus.[1] Dalam bentuk umum, ini adalah sebuah tornado non-supersel di atas air

Bagaimana bisa terjadi ?

Fenomena alam berupa belalai air atau waterspout biasanya terjadi di berbagai wilayah tepi pantai, danau dan wilayah perairan lainnya.  Belalai air merupakan angin puting beliung yang terjadi di perairan luas pantai maupun di tengah laut lepas.

Baca Juga :   Tarif Pembuatan SIM Jalur Resmi

Para Nelayan kota Malang  menyebut fenomena waterspout itu sebagai ulur–ulur. Fenomena itu tak hanya dijumpai di tengah laut saja, di tepi pantai juga sering terlihat.

Fenomena itu sering muncul saat cuaca sangat buruk. Gejala kemunculannya diawalai dengan awan berwarna sangat gelap dan sangat tebal. Tidak hanya itu terkadang disertai dengan angin yang kencang seperti hendak hujan yang sangat lebat.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebut fenomena waterspout adalah normal terjadi di musim penghujan seperti saat ini. Itu disebabkan adanya awan cumulonimbus atau kumpulan awan hitam di langit.

“Efeknya pusaran air tersedot ke atas menuju awan hitam itu,” Kepala BMKG Stasiun Klimatologi Karangploso, Malang, kata Hartanto.

Waterspout sama dengan puting beliung. Perbedaanya, waterspout sering terjadi di perairan dengan ditandai naiknya pusaran air dan  berbentuk seperti belalai gajah menuju ke atas dan menyambung dengan awan yang hitam gelap di langit. Sedangkan puting beliung terjadi di daratan dengan kekuatan bisa lebih besar lagi.

Baca Juga :   Menolak Karantina, WNA Canada Craig Anthony Baker Bentak Kapolres Magelang

Waterspout ini bukan jenis tornado. Sebab, daya jangkau waterspout ini bergeraknya pusaran angin hanya dalam radius ratusan meter. Sedangkan tornado bisa lebih jauh lagi, mencapai ratusan kilometer.

Total View 159 total views, Views Today 1 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *