Bank Soal AKM SMP/MTS dan SMA Lengkap

Bank Soal AKM SMP/MTS dan SMA Lengkap

Bank Soal AKM SMP/MTS dan SMA – AKM akan dilaksanakan tidak lama lagi. Meskipun tidak mempengaruhi kelulusan peserta didik tetapi banyak yang harus disiapkan oleh sekolah dalam menghadapi AKM ini.

Apa itu AKM ?

Asesmen Kompetensi Minumum atau AKM merupakan penilaian kompetensi mendasar yang diperlukan oleh semua peserta didik untuk mampu mengembangkan diri dan berpartisipasi positif dalam masyarakat. (kemdikbud.go.id)

Apa Tujuan diadakannya AKM ?

AKM menyajikan masalah masalah yang beragam dan kontekstual. Yang nantinya diharapkan mampu diselesaikan oleh peserta didik menggunakan kompetensi numerasi dan literasi yang dimilikinya. Sehingga maksud diadakannya AKM ini adalah untuk mengukur sejauh mana kompetensi yang dimiliki peserta didik secara mendalam bukan sekedar penguasaan konten materi pelajaran.

Apa saja yang diujikan dalam soal AKM ?

Asesmen kompetensi minimum menguji dua hal. Yaitu literasi membaca dan literasi numerasi. Jumlah soal AKM untuk kelas 5 adalah 30 soal untuk masing-masing literasi dan numerasi. Sedangkan kelas 8 dan kelas 11 mengerjakan 36 soalAKM dilaksanakan secara adaptif, artinya setiap siswa diharapkan mengerjakan soal sesuai dengan kemampuan siswa itu sendiri

Baca Juga :   Wajah Baru Pendidikan di Indonesia : Perubahan di 4 Titik RPP, USBN, UN & PPDB

Bentuk soal Asesmen Nasional terdiri dari pilihan ganda, pilihan ganda kompleks, menjodohkan, isian singkat dan uraian.

a. Pilihan ganda, murid hanya dapat memilih satu jawaban benar dalam satu soal.
b. Pilihan Ganda Kompleks, murid dapat memilih lebih dari satu jawaban benar dalam satu soal.
c. Menjodohkan, murid menjawab dengan dengan cara menarik garis dari satu titik ke titik lainnya yang merupakan pasangan pertanyaan dengan jawabannya.
d. Isian singkat, murid dapat menjawab berupa bilangan, kata untuk menyebutkan nama benda, tempat, atau jawaban pasti lainnya.
e. Uraian, murid menjawab soal berupa kalimat-kalimat untuk menjelaskan jawabannya.

Bagaimana Sistem Penilaian AKM ?

AKM dilaksanakan secara adaptif, sehingga setiap murid akan menempuh soal yang sesuai dengan kemampuan murid itu sendiri. Artinya setiap anak akan mendapatkan soal yang berbeda-beda satu sama lain.

Berbeda dengan Ujian Nasioan, disini tidak ada kisi-kisi AKM. AKM disusun berdasarkan indikator-indikator kompetensi yang membentuk lintasan kompetensi hasil belajar yang
bersifat kontinum. Pusmenjar menyediakan contoh soal AKM untuk setiap indikator kompetensi pada laman: https://pusmenjar.kemdikbud.go.id/akm

Baca Juga :   PPPK Tahun 2021 Akan Segera Dibuka !!!

Dimana Download Bank Soal AKM ?

Untuk download soal – soal akm smp, mts maupun sma silakan bisa mengunjungi laman https://pusmenjar.kemdikbud.go.id/akm atau pakapri.net juga mempunyai dua bank soal SMP/MTS dan SMA silakan bisa dilihat atau langsung download.

Dan dibawah ini khusus bank soal AKM untuk SMP/MTS. Silakan download.

Total View 91 total views, Views Today 1 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *