5 Penyebab Kegagalan Diterima SNMPTN

5 Penyebab Kegagalan Diterima SNMPTN

5 Penyebab Kegagalan Diterima SNMPTN – SNMPTN merupakan salah satu jalur istimewa karena effort kita sudah kita persiapkan sejak semester satu kelas sepuluh. Bagi temen-temen yang tidak masuk dalam 40% siswa eligible ga usah khawatir. Kalian masih bisa diterima PTN di jalur sbmptn ataupun mandiri.

Namun demikian, bagi siswa yang eligible masuk 40% jangan sombong dulu cuy. Tidak semua anak SNMPTN itu diterima lho. Lalu apa saja penyebab kegagalan diterima SNMPTN ? Kenapa ditolak padahal nilainya bagus lho? Simak ulasannya berikut ini

5 Penyebab Kegagalan Diterima SNMPTN

1. Salah Niat Masuk Kuliah

Salah niat bisa menjadi penyebab utama kita tidak diterima Universitas baik dari SNMPTN maupun yang lainnya. Masalah niat memang hanya Tuhan yang tahu. Cuman masak iya Tuhan ga ngebantu kita jika niat kita kuliah adalah mengadikan diri supaya bermanfaat bagi umat manusia.

Baca Juga :   Top 10 PTN yang jurusan farmasinya diincar banyak siswa !

Kalaupun ada temen kita yang diterima padahal niatnya hanya gaya gayaan biar dibilang keren bisa masuk Kampus impian, gue yakin kedepannya bakalan ada something wrong. Entah kuliahnya lama ga lulus lulus, entah karirnya troubel, entah keganjal skandal kasus korupsi misalnya.

So mulai sekarang perbaiki niat elu. Semesta akan mendukungmu.

2. Rekam Jejak  Alumni

Nah yang kedua ini faktor eksternal gaes. Kenapa ? Karena bersinggungan dengan pihak ketiga dalam hal ini alumni. Mengapa alumni bisa memperngaruhi kegagalan kita di SNMPTN, hal itu disebabkan adanya permasalahan yang dilakukan oleh alumni.

Kesalahan macam apa contohnya ? Misalnya nih ada almuni dari sekolah kamu yang diterima di PTN tertentu dari jalur SNMPTN. Nah kemudian dia ga ambil kesempatan itu gara gara ga cocok lah pilihan kedua lah dan lain sebagainya. Nah dari situ PTN tersebut akan membacklist sekolah kita. So adek kelas adek kelas yang daftar di PTN tersebut dari jalur SNMPTN auto gagal lah pastinya.

3. Salah Memilih Jurusan

What ? Kok bisa ? iya biasanya kesalah ini terjadi saat memilih univ dan jurusan yang tidak sesuai dengan persyaratan. Misalnya dia memilih dua PTN di luar propinsi padahal salah satunya harus di dalam propinsi asal sekolah. Auto gagal kan.

Baca Juga :   Cara Membuat Akun LTMPT untuk Sekolah dan Siswa

Selain itu biasanya kurang teliti dalam membaca syarat atau ketentuan yang harusnya menjadi perhatian sebelum memilih. Misalnya Jurusan A hanya untuk siswa program MIPA di kampus X bisa jadi berbeda dengan kampus lainnya. Emang ada ?

Misalnya di UNS untuk jurusan psikologi harus dari anak MIPA karena psikologi UNS masuknya Fakultas Kedokteran (FK). So perhatikan lagi syarat dan ketentuan yang berlaku di masing-masing PTN

Dan tidak disrankan untuk lintas jurusan gaes. Soalnya peluangnya tipis bahkan konon katanya impossible. Benarkah ? I dont know. Cari aman aja kawan.

4. Nilai naik turun

Biasanya sekolah akan meberikan notif di awal tahun misalnya ketika MOS (masa orientasi siswa) guru BK akan menyampaikan bahwa kita harus memperhatikan konsistensi nilai sejak semester 1 sampai semester 5. Dan terkadang karena kita tidak bisa stabil gara gara banyaknya aktifitas di kelas XI misalnya OSIS, DKA, EKSKUL, dan lain lain akhirnya nilai kita jelek di kelas XI. Itu akan menjadi pertimbangan tersendiri bagi PTN yang akan menyeleksi kalian.

Baca Juga :   Kuliah di Sekolah Kedinasan dibawah KEMENKUMHAM Lulus Auto jadi PNS

Bicara nilai, kita juga harus memperhatikan pembobotan yang berkaitan dengan jurusan yang akan kita pilih. Misalnya kita ingin masuk kedokteran. So, nilai biologi dan bahasa inggris harus bagus dong. Masak iya mau masuk kedokteran ga bisa biologi dan bahasa inggrisnya jeblok. Mau jadi dokter cinta ???

5. Hanya mengandalkan diri sendiri

Apa maksudnya? Libatkan Tuhan cuy. Selain itu orang tua kita, fakir miskin, anak yatim, dhuafa libatkan juga boleh. Untuk apa, bisa apa mereka, punya orang dalam ? Bukan begitu maksudnya bambang. Doa mereka memberikan kekuatan tersendiri lhoo. Jangan salah. Bisa jadi doa mereka lebih di dengar Tuhan daripada doa kamu. Kamu kebanyakan dosa sih. Hehehe Just kidding bro

Nah semoga artikel ini bermanfaat ya. Ini hanya my opinion sih. Cos di LTMPT juga ga ada kan hitam putihnya tentang itu semua. So I hope the best for You. Semoga diterima di kampus impian gaes. See You….

 

 

Total View 702 total views, Views Today 3 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *